Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Rangka Manusia Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Alat PeragaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Berdasarkan hasil wawancara langsung kepada guru kelas ditemukan fakta bahwa dalam pembelajaran siswa kurang terlibat aktif dan langsung sehingga hasil belajar mereka rendah, Hal ini dapat dilihat pada kemampuan siswa yang tersaji dalam ulangan harian siswa hanya 12 siswa yang tuntas dengan presentase 37,5% dan yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa dengan presentase 62,5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Kadolomoko melalui penerapan model problem based learning berbantuan alat peraga model rangka manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VSD Negeri 2 Kadolomoko dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data berbentuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui penerapan model problem based learning berbantuan alat peraga model rangka manusia mengalami peningkatan.Nilai siswa yang diperoleh pada pratindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 31,25% dengan rata-rata 57,5, sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 68,75% dengan nilai rata-rata 65,93. Dan untuk siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 87,5% dengan nilai rata-rata 80,62. Penelitian ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan juga menjadi pengetahuan tambahan bagi guru yang berdampak pada kemajuan pendidikan di indonesia.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-04-01
Issue
Section
Articles