Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Keterampilan Menulis, Kerangka Narasi, Concept SentenceAbstract
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Negeri Palatiga dengan jumlah 31 orang siswa terdiri dari 21 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Simpulan: 1. Hasil peneilitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,45 dan ketuntasan belajar mencapai 35,48 % atau ada 11 siswa dari 31 siswa sudah tuntas belajar. Hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 hanya sebesar 35,48 % lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 80 %. Berdasarkan siklus I hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia menerapkan model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi yang diperoleh siswa belum mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal, dan 2. Hasil peneilitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,03 dan ketuntasan belajar mencapai 80,65 % atau ada 25 siswa dari 31 siswa sudah tuntas belajar. Hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebesar 80,65 % lebih besar dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 80 %. Berdasarkan siklus II hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia menerapkan model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi yang diperoleh siswa sudah mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal