Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 91 Buton

fije

Authors

  • Fije Mansyur UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Tarno Tarno
  • A. Muh. Ali

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Fije Mansyur. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 91 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Tarno, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II A.Muh Ali, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 91 Buton. Kacamatan Wolowa Kabupaten Buton, penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Disetiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Upaya meningkatkan hasil belajar materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024 ditempuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun langkah-langkah model kooperatif antara lain (1) Guru membentuk kelompok kecil, bisa diikuti 4-5 peserta didik;(2) Setiap kelompok kecil mendapatkan tugas untuk menganalisis materi;(3) Hasil analisis kelompok kecil didiskusikan karena nanti diskusi tersebut akan diadu didiskusikan dengan kelompok besar; (4) Guru bertugas mengevaluasi setiap akhir pembelajaran dari diskusi. Melalui model kooperatif  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya pada kondisi awal sebesar 56 meningkat pada siklus I sebesar 64 dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 70. Sedangkan pencapaian KKM yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 28,57%, meningkat pada siklus I sebesar 60% dengan KKM 65 dan pada siklus II menjadi 80% dengan KKM 65.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fije Mansyur, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

<strong>Fije</strong><strong> Mansyur. 2023. </strong>Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 91 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Tarno, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II A.Muh Ali, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 91 Buton. Kacamatan Wolowa Kabupaten Buton, penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Disetiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan (<em>planning</em>), tindakan (<em>acting</em>), pengamatan (<em>observing</em>), dan refleksi (<em>reflecting</em>). Upaya meningkatkan hasil belajar materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024 ditempuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun langkah-langkah model kooperatif antara lain (1) Guru membentuk kelompok kecil, bisa diikuti 4-5 peserta didik;(2) Setiap kelompok kecil mendapatkan tugas untuk menganalisis materi;(3) Hasil analisis kelompok kecil didiskusikan karena nanti diskusi tersebut akan diadu didiskusikan dengan kelompok besar; (4) Guru bertugas mengevaluasi setiap akhir pembelajaran dari diskusi. Melalui model kooperatif <em> </em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya pada kondisi awal sebesar 56 meningkat pada siklus I sebesar 64 dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 70. Sedangkan pencapaian KKM yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 28,57%, meningkat pada siklus I sebesar 60% dengan KKM 65 dan pada siklus II menjadi 80% dengan KKM 65.<br />Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif

Tarno Tarno

<strong>Fije</strong><strong> Mansyur. 2023. </strong>Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 91 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Tarno, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II A.Muh Ali, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 91 Buton. Kacamatan Wolowa Kabupaten Buton, penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Disetiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan (<em>planning</em>), tindakan (<em>acting</em>), pengamatan (<em>observing</em>), dan refleksi (<em>reflecting</em>). Upaya meningkatkan hasil belajar materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024 ditempuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun langkah-langkah model kooperatif antara lain (1) Guru membentuk kelompok kecil, bisa diikuti 4-5 peserta didik;(2) Setiap kelompok kecil mendapatkan tugas untuk menganalisis materi;(3) Hasil analisis kelompok kecil didiskusikan karena nanti diskusi tersebut akan diadu didiskusikan dengan kelompok besar; (4) Guru bertugas mengevaluasi setiap akhir pembelajaran dari diskusi. Melalui model kooperatif <em> </em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya pada kondisi awal sebesar 56 meningkat pada siklus I sebesar 64 dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 70. Sedangkan pencapaian KKM yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 28,57%, meningkat pada siklus I sebesar 60% dengan KKM 65 dan pada siklus II menjadi 80% dengan KKM 65.<br />Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif

A. Muh. Ali

<strong>Fije</strong><strong> Mansyur. 2023. </strong>Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw SD Negeri 91 Buton. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Tarno, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II A.Muh Ali, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran matematika materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 91 Buton. Kacamatan Wolowa Kabupaten Buton, penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Disetiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan (<em>planning</em>), tindakan (<em>acting</em>), pengamatan (<em>observing</em>), dan refleksi (<em>reflecting</em>). Upaya meningkatkan hasil belajar materi operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024 ditempuh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun langkah-langkah model kooperatif antara lain (1) Guru membentuk kelompok kecil, bisa diikuti 4-5 peserta didik;(2) Setiap kelompok kecil mendapatkan tugas untuk menganalisis materi;(3) Hasil analisis kelompok kecil didiskusikan karena nanti diskusi tersebut akan diadu didiskusikan dengan kelompok besar; (4) Guru bertugas mengevaluasi setiap akhir pembelajaran dari diskusi. Melalui model kooperatif <em> </em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi  operasi bilangan pecahan kelas V SD Negeri 91 Buton Tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya pada kondisi awal sebesar 56 meningkat pada siklus I sebesar 64 dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 70. Sedangkan pencapaian KKM yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 28,57%, meningkat pada siklus I sebesar 60% dengan KKM 65 dan pada siklus II menjadi 80% dengan KKM 65.<br />Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif

Downloads

Published

2024-04-01