Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Metode Global Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Rista Rista Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kemampuan Membaca, Membaca Permulaan, Metode Global

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa menggunakan metode global pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Wonco. Metode penelitian meliputi prosedur penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, tiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan metode global terdiri 5 orang siswa yang tuntas dalam belajar dengan ketuntasan klasikal 33,33%. setelah menerapkan metode global pada siklus I siswa yang tuntas belajar menjadi 7 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 46,67%. Kemudian pada siklus II mengikat menjadi 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 2 Wonco.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01