Penerapan Model Peer Lessons Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Kelas IV di SD Negeri One-One

Authors

  • Wa Venti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje
  • Muh. Nur Intan Ode

Keywords:

Pembelajaran, Peer Lessons, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons  dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri One-One Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa,  tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan terdiri dari dua yaitu dari keberhasilan yang berkaitan dengan nilai yang diperoleh peserta didik dan keberhasilan yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar. Dilihat dari nilai peserta didik minimal nilai 68 sesuai dengan KKM. Dilihat dari peningkatan hasil belajar minimal 75% maka telah mencapai nilai minimal 68. Penggunaan Model Pembelajaran Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri One-One. Pada tindakan Siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu dari 25% menjadi 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas IV SD Negeri One-One Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01