Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ulangan pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Hasrun Harbit Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin
  • Siti Rahmalia Natsir

Keywords:

Analisis Sosial, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda

Abstract

Penelitin bertujuan untuk menganalisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ulangan. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah  45 siswa kelas V dan 48 siswa kelas VI, menggunakan 20 soal. Analisis data menggunakan aplikasi ANATESV4. Penelitian menunjukan soal kelas VI memiliki tingkat kesukaran dari 10 butir soal pilihan ganda 8 butir soal sedang (80%), 2 butir soal mudah (20%), 5 butir soal isian sedang (50%), serta 5 butir soal uraian sedang (50%). Pembeda dari 10 butir soal pilihan ganda 9 butir soal sangat baik (90%), 1 butir soal baik (10%), 5 butir soal isian sangat baik (50%), serta 5 butir soal uraian sangat baik (50%). Soal kelas VI tingkat kesukaran dari 10 butir soal pilihan ganda 1 butir soal sukar (10%), 8 butir soal sedang (80%), 1 butir soal mudah (10%), 5 butir soal isian sedang (50%), serta 2 butir soal uraian sukar (20%), 3 butir soal uraian sedang (30%). Pembeda dari 10 butir soal pilihan ganda 8 butir soal sangat baik (80%), 1 butir soal baik (10%), 1 butir soal tidak baik (10%), 5 butir soal isian sangat baik (50%), serta 3 butir soal uraian sangat baik (30%), 2 butir soal uraian baik (20%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01