Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Learning Starts With A Question Berbantu Media Blogger di Sekolah Dasar

Authors

  • Wa Ode Fatmayanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irwan Irwan
  • Kamarudin Kamarudin

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Blogger

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan metode learning starts with a question berbantu media blogger dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajarn PPKn siswa kelas V SD Negeri 1 Molona. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dan dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian yaitu pada hasil tes pra siklus, ada 5 yang tuntas atau 38,46% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65, pada siklus I ada 6 siswa yang tuntas atau 46,15% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Sedangkan hasil tes pada siklus II, ada 11 siswa yang tuntas atau 84,61% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode learning starts with a question berbantu media blogger dapat meningkatkan hasil belajar siswa siklus I ke siklus II sebanyak 84,61%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01