Peran Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Sartika Dewi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maryam Nurlaila

Keywords:

Peran Guru, Pengelolaan Kelas, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam pengelolaan kelas secara fisik dan non fisik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Gerak Makmur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskript. Subjek penelitian berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Hasil analisis data yang telah dikumpulkan diketahui bahwa Pengelolaan kelas secara fisik pada siswa kelas III SDN Negeri 2 Gerak Makmur terlaksana dengan baik terlihat dari pengaturan kelas dan pengelompokan siswa pada tingkatan kelas yang sesuai dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan dan ketertarikan siswa pada aktivitas belajar. Pengelolaan kelas yang bersifat non fisik juga terlihat sangat baik. Komunikasi yang sehat tercipta dalam proses pembelajaran. Guru memberikan kesempatan untuk siswa dapat mengemukakan ide-idenya dan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga baik antara siswa maupun dengan guru tercipta interaksi yang harmonis. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak terbagi atas dua yaitu pengelolaan kelas secara fisik dan pengelolaan kelas secara non fisik. pengelolaan kelas secara fisik yaitu dengan menata ruangan, pengaturan meja dan kursi, jumlah siswa dalam satu kelas, dan pembagian kelompok. pengelolaan kelas secara non fisik diantaranya: interaksi siswa dengan siswa, interaksi siswa dengan guru, dan kondisi kelas saat menjelang, selama, dan akhir pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maryam Nurlaila

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam pengelolaan kelas secara fisik dan non fisik untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Gerak Makmur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskript. Subjek penelitian berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Hasil analisis data yang telah dikumpulkan diketahui bahwa Pengelolaan kelas secara fisik pada siswa kelas III SDN Negeri 2 Gerak Makmur terlaksana dengan baik terlihat dari pengaturan kelas dan pengelompokan siswa pada tingkatan kelas yang sesuai dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan dan ketertarikan siswa pada aktivitas belajar. Pengelolaan kelas yang bersifat non fisik juga terlihat sangat baik. Komunikasi yang sehat tercipta dalam proses pembelajaran. Guru memberikan kesempatan untuk siswa dapat mengemukakan ide-idenya dan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga baik antara siswa maupun dengan guru tercipta interaksi yang harmonis. Peran yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak terbagi atas dua yaitu pengelolaan kelas secara fisik dan pengelolaan kelas secara non fisik. pengelolaan kelas secara fisik yaitu dengan menata ruangan, pengaturan meja dan kursi, jumlah siswa dalam satu kelas, dan pembagian kelompok. pengelolaan kelas secara non fisik diantaranya: interaksi siswa dengan siswa, interaksi siswa dengan guru, dan kondisi kelas saat menjelang, selama, dan akhir pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-01