Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 2 Wanci
Keywords:
Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Wanci kecamatan wangi-wangi kabupaten wakatobi. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung dengan informan lapangan untuk mendapatkan data. Analisis data menggunakan Teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui bagaimana kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Wanci. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 7 peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Jenis-jenis kesulitan yang dialami peserta didik yaitu, peserta didik kesulitan melihat jarak jauh, kurangnya daya ingat, kesulitan mengeja, kesulitan melafalkan huruf, kesalahan penggantian huruf, belum memperhatikan tanda baca, dan kurang mengenal huruf. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II di SD Negeri 2 Wanci adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif, meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan motivasi, dan tidak pernah menyalahkan kondisi yang dialami oleh peserta didik, dan memberikan program emembaca remedial kepada siswa kelas II SD Negeri 2 Wanci.