Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Devi Devi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Ratna Said
  • Muhammad Yusnan

Keywords:

Hasil Belajar, Media Belajar, Cerita Bergambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 34 Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar pada pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat diliahat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 32%  (8 orang siswa) dengan nilai rata-rata 63%. Pada siklus I hasil belajar siswa  meningkat sebesar 68% (17 orang siswa) dengan nilai rata-rata 70,6 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 88% (22 orang siswa) dengan nilai rata-rata 76,6%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 34 BUTON.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devi Devi, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 34 Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar pada pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat diliahat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 32%  (8 orang siswa) dengan nilai rata-rata 63%. Pada siklus I hasil belajar siswa  meningkat sebesar 68% (17 orang siswa) dengan nilai rata-rata 70,6 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 88% (22 orang siswa) dengan nilai rata-rata 76,6%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 34 BUTON.

Ratna Said

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 34 Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar pada pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat diliahat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 32%  (8 orang siswa) dengan nilai rata-rata 63%. Pada siklus I hasil belajar siswa  meningkat sebesar 68% (17 orang siswa) dengan nilai rata-rata 70,6 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 88% (22 orang siswa) dengan nilai rata-rata 76,6%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 34 BUTON.

Muhammad Yusnan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan media cerita bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 34 Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar pada pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat diliahat dari hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 32%  (8 orang siswa) dengan nilai rata-rata 63%. Pada siklus I hasil belajar siswa  meningkat sebesar 68% (17 orang siswa) dengan nilai rata-rata 70,6 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 88% (22 orang siswa) dengan nilai rata-rata 76,6%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 34 BUTON.

Downloads

Published

2024-04-01