Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Keterampilan Membaca, SASAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 2 SD Negeri 1 Majapahit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tekik pengumpulan data yang digunakan yaitu diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode struktural analitik sintetik pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari 27 siswa pada prasiklus memperoleh nilai ketuntasan klasikal 37% (10 orang siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 58. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebesar 63% ( 17 orang siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 72 sedangkan pada siklus II lebih meningkat menjadi 92% (25 orang siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 1 Majapahit.