Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme di Sekolah Dasar

Authors

  • Missa Missa UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
  • Ma'ruf Ma'ruf
  • Suardin Suardin

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Konstruktivisme

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik enam dan subtema satu. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas. Paradigma pembelajaran konstruktivisme digunakan sebagai model penelitian untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa untuk tema 6 subtema 1. Terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam hal hasil belajar, keaktifan siswa, dan aktivitas instruktur. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ditemukan mengalami peningkatan dari 57,6 pada siklus I menjadi 88,4 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan klasikal meningkat dari 48% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Kajian data aktivitas siswa dan guru serupa. Analisis data aktivitas siswa 63,23% pada siklus I meningkat menjadi 91,17% pada siklus II. Analisis aktivitas guru meningkat dari 78,12% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Missa Missa, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik enam dan subtema satu. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas. Paradigma pembelajaran konstruktivisme digunakan sebagai model penelitian untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa untuk tema 6 subtema 1. Terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam hal hasil belajar, keaktifan siswa, dan aktivitas instruktur. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ditemukan mengalami peningkatan dari 57,6 pada siklus I menjadi 88,4 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan klasikal meningkat dari 48% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Kajian data aktivitas siswa dan guru serupa. Analisis data aktivitas siswa 63,23% pada siklus I meningkat menjadi 91,17% pada siklus II. Analisis aktivitas guru meningkat dari 78,12% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II.

Ma'ruf Ma'ruf

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik enam dan subtema satu. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas. Paradigma pembelajaran konstruktivisme digunakan sebagai model penelitian untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa untuk tema 6 subtema 1. Terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam hal hasil belajar, keaktifan siswa, dan aktivitas instruktur. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ditemukan mengalami peningkatan dari 57,6 pada siklus I menjadi 88,4 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan klasikal meningkat dari 48% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Kajian data aktivitas siswa dan guru serupa. Analisis data aktivitas siswa 63,23% pada siklus I meningkat menjadi 91,17% pada siklus II. Analisis aktivitas guru meningkat dari 78,12% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II.

Suardin Suardin

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik enam dan subtema satu. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas. Paradigma pembelajaran konstruktivisme digunakan sebagai model penelitian untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa untuk tema 6 subtema 1. Terlihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dalam hal hasil belajar, keaktifan siswa, dan aktivitas instruktur. Nilai rata-rata hasil belajar siswa ditemukan mengalami peningkatan dari 57,6 pada siklus I menjadi 88,4 pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan klasikal meningkat dari 48% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Kajian data aktivitas siswa dan guru serupa. Analisis data aktivitas siswa 63,23% pada siklus I meningkat menjadi 91,17% pada siklus II. Analisis aktivitas guru meningkat dari 78,12% pada siklus I menjadi 96,87% pada siklus II.

Downloads

Published

2024-04-01