Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, CTLAbstract
embelajaran Contextual Teaching And LearningPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Bataraguru yang berjumlah 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 59,82 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 10 siswa yang tuntas atau 35,71% dan yang belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 64,28%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 66,78 presentase ketuntasan klasikal mencapai 17 siswa yang tuntas atau 60,71% dan yang belum tuntas sebanyak 11 siswa atau 39,28%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 87,85 presentase ketuntasan klasikal semua siswa tuntas 26 siswa yang tuntas atau 92,85%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ContextualTeaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri2 Bataraguru.