Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiri Di Kelas V SD Negeri 13 Lakudo
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, InquiriAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 orang siswa yang terdiri dari 14 0rang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Prosedur penelitan terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar klasikal.Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat dilihat dengan perolehan nilai siswa yaitu pada prasiklus dengan nilai ketuntasan klasikal 42,8% dengan nilai rata-rata sebesar 61,42. Pada siklus I perolehan nilaiketuntasan klasikal 68,5% dengan nilai rata-rata sebesar 71,42.Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal yaitu 88,5% dengan nilai rata-rata sebesar 80,28. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai ketuntasan klasikal dari masa prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil pene,litian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada tema 7 siswa kelas V SD Negeri 13 Lakudo Kabupaten Buton Tengah dari 42,8% dapat meningkat menjadi 88,5%.