Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi

Authors

  • Fita Hasnila Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fitriani B
  • Syamsurijal Syamsurijal

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Scramble

Abstract

Fita Hasnila. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Fitriani B, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Syamsurijal, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble di kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dan jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Waha dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 57,93% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 31,25%. Pada siklus I, hasil posttest rata-rata 72 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,25%. Pada siklus II, hasil posttest rata-rata 85,18% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,5%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitriani B

Fita Hasnila. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Fitriani B, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Syamsurijal, S.Pd., M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble di kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dan jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Waha dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 57,93% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 31,25%. Pada siklus I, hasil posttest rata-rata 72 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,25%. Pada siklus II, hasil posttest rata-rata 85,18% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,5%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi.Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar, IPA

Syamsurijal Syamsurijal

Fita Hasnila. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Fitriani B, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Syamsurijal, S.Pd., M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble di kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dan jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Waha dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 57,93% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 31,25%. Pada siklus I, hasil posttest rata-rata 72 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,25%. Pada siklus II, hasil posttest rata-rata 85,18% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,5%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Waha Kabupaten Wakatobi.Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar, IPA

Downloads

Published

2024-04-01