Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, STAD, Media GambarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media gambar pada pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Rukuwa. Subjek penelitian adalah 23 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebesar ≥75% dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari siklus I ke siklus II selalu memiliki peningkatan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,47 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 61%. Pada siklus II meningkat nilai rata -rata menjadi 81,95 dengan siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 20 siswa dengan presentase sebesar 87%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Rukuwa.