Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • Wa Ode Fifin Mayangsari Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamarudin Kamarudin
  • Hijrawatil Aswat

Keywords:

Penggunaan Gadget, Motivasi, Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitaif kolerasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan gadget kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 18% (3 siswa), kategori tinggi dengan prosentasi 12% (2 siswa), kategori sedang dengan prosentase 41% (7 siswa), dan  kategori rendah dengan prosentase 29% (5 siswa), kategori sangat rendah dengan prosentasi 0%. Berdasarkan hasil prosentase di atas maka rata-rata penggunaan gadget sebesar 31,2 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 6% (1 siswa), kategori tinggi dengan prosentase 24% (4 siswa), kategori sedang dengan prosentase 53% (9 siswa), kategori rendah dengan prosentasi 24% (2 siswa), dan kategori sangat rendah dengan prosentasi  6% (1 siswa). Berdasarkan hasil prosentasi yang sudah dipaparkan diatas, maka rata-rata hasil motivasi belajar sebesar 36,12 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang. Adapun hasil uji korelasi penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe. Berdasarkan nilai r hitung dan nilai r tabel tersebut maka dapat diketahui bahwa r hitung (0,707) lebih besar dari r tabel (0,514) pada kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 1 Kaofe. Jadi Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan dari variabel penggunaan gadget (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe.

Kata Kunci:  penggunaan gadget, motivasi, belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wa Ode Fifin Mayangsari, Universitas Muhammadiyah Buton

<em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitaif kolerasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukan</em><em> bahwa </em><em>penggunaan gadget kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 18% (3 siswa), kategori tinggi dengan prosentasi 12% (2 siswa), kategori sedang dengan prosentase 41% (7 siswa), dan  kategori rendah dengan prosentase 29% (5 siswa), kategori sangat rendah dengan prosentasi 0%. Berdasarkan hasil prosentase di atas maka rata-rata penggunaan gadget sebesar 31,2 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 6% (1 siswa), kategori tinggi dengan prosentase 24% (4 siswa), kategori sedang dengan prosentase 53% (9 siswa), kategori rendah dengan prosentasi 24% (2 siswa), dan kategori sangat rendah dengan prosentasi  6% (1 siswa). Berdasarkan hasil prosentasi yang sudah dipaparkan diatas, maka rata-rata hasil motivasi belajar sebesar 36,12 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang. Adapun hasil uji korelasi </em><em>penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe. </em><em>Berdasarkan nilai r hitung dan nilai r tabel tersebut maka dapat diketahui bahwa r hitung (0,707) lebih besar dari r tabel (0,514) pada kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 1 Kaofe. Jadi H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan dari variabel penggunaan gadget (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe.</em><strong>Kata Kunci: </strong><strong><em> </em></strong>penggunaan gadget, motivasi, belajar siswa

Kamarudin Kamarudin

<em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitaif kolerasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukan</em><em> bahwa </em><em>penggunaan gadget kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 18% (3 siswa), kategori tinggi dengan prosentasi 12% (2 siswa), kategori sedang dengan prosentase 41% (7 siswa), dan  kategori rendah dengan prosentase 29% (5 siswa), kategori sangat rendah dengan prosentasi 0%. Berdasarkan hasil prosentase di atas maka rata-rata penggunaan gadget sebesar 31,2 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 6% (1 siswa), kategori tinggi dengan prosentase 24% (4 siswa), kategori sedang dengan prosentase 53% (9 siswa), kategori rendah dengan prosentasi 24% (2 siswa), dan kategori sangat rendah dengan prosentasi  6% (1 siswa). Berdasarkan hasil prosentasi yang sudah dipaparkan diatas, maka rata-rata hasil motivasi belajar sebesar 36,12 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang. Adapun hasil uji korelasi </em><em>penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe. </em><em>Berdasarkan nilai r hitung dan nilai r tabel tersebut maka dapat diketahui bahwa r hitung (0,707) lebih besar dari r tabel (0,514) pada kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 1 Kaofe. Jadi H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan dari variabel penggunaan gadget (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe.</em><strong>Kata Kunci: </strong><strong><em> </em></strong>penggunaan gadget, motivasi, belajar siswa

Hijrawatil Aswat

<em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitaif kolerasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe Kabupaten buton selatan yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukan</em><em> bahwa </em><em>penggunaan gadget kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 18% (3 siswa), kategori tinggi dengan prosentasi 12% (2 siswa), kategori sedang dengan prosentase 41% (7 siswa), dan  kategori rendah dengan prosentase 29% (5 siswa), kategori sangat rendah dengan prosentasi 0%. Berdasarkan hasil prosentase di atas maka rata-rata penggunaan gadget sebesar 31,2 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe yang berada dalam kategori sangat tinggi dengan prosentase 6% (1 siswa), kategori tinggi dengan prosentase 24% (4 siswa), kategori sedang dengan prosentase 53% (9 siswa), kategori rendah dengan prosentasi 24% (2 siswa), dan kategori sangat rendah dengan prosentasi  6% (1 siswa). Berdasarkan hasil prosentasi yang sudah dipaparkan diatas, maka rata-rata hasil motivasi belajar sebesar 36,12 yang artinya siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe termasuk dalam kategori sedang atau seimbang. Adapun hasil uji korelasi </em><em>penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe. </em><em>Berdasarkan nilai r hitung dan nilai r tabel tersebut maka dapat diketahui bahwa r hitung (0,707) lebih besar dari r tabel (0,514) pada kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 1 Kaofe. Jadi H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Artinya ada korelasi yang signifikan dari variabel penggunaan gadget (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y). dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadapat motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kaofe.</em><strong>Kata Kunci: </strong><strong><em> </em></strong>penggunaan gadget, motivasi, belajar siswa

Downloads

Published

2024-04-01