Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran TGT Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Andi Basran Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kosilah Kosilah
  • Eka Rosmita Sari

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe team games tournamanet (TGT) di Kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes yang meliputi pengamatan, dokumentasi dan tes tertulis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Hasil penelitian pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa 71 dengan ketuntasan belajar 57,14% dari 12 siswa yang tuntas dan 42,86% dari 9 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 75 dengan presentase ketuntasan 85,72% dari 23 siswa yang tuntas dan 14,29% dari 3 siswa yang belum tuntas. Sehingga presentase ketuntasan belajar pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamanet (TGT) berhasil mampu meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kosilah Kosilah

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe team games tournamanet (TGT) di Kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes yang meliputi pengamatan, dokumentasi dan tes tertulis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Hasil penelitian pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa 71 dengan ketuntasan belajar 57,14% dari 12 siswa yang tuntas dan 42,86% dari 9 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 75 dengan presentase ketuntasan 85,72% dari 23 siswa yang tuntas dan 14,29% dari 3 siswa yang belum tuntas. Sehingga presentase ketuntasan belajar pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamanet (TGT) berhasil mampu meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan.

Eka Rosmita Sari

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe team games tournamanet (TGT) di Kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes yang meliputi pengamatan, dokumentasi dan tes tertulis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Hasil penelitian pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa 71 dengan ketuntasan belajar 57,14% dari 12 siswa yang tuntas dan 42,86% dari 9 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 75 dengan presentase ketuntasan 85,72% dari 23 siswa yang tuntas dan 14,29% dari 3 siswa yang belum tuntas. Sehingga presentase ketuntasan belajar pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamanet (TGT) berhasil mampu meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan.

Downloads

Published

2024-04-01