Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran TGT Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran TGTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran tipe team games tournamanet (TGT) di Kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes yang meliputi pengamatan, dokumentasi dan tes tertulis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan . Hasil penelitian pada tes siklus 1 nilai rata-rata siswa 71 dengan ketuntasan belajar 57,14% dari 12 siswa yang tuntas dan 42,86% dari 9 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 75 dengan presentase ketuntasan 85,72% dari 23 siswa yang tuntas dan 14,29% dari 3 siswa yang belum tuntas. Sehingga presentase ketuntasan belajar pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥ 65. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamanet (TGT) berhasil mampu meningkatkan hasil belajar kelas IV SD Negeri 2 Tira Kabupaten Buton Selatan.