Penerapan Strategi Belajar PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Baadia Kota Baubau

Authors

  • Annisa Fadhyla Murnawaty Unuversitas Muhammadiyah Buton
  • Yurfiah Yurfiah

Keywords:

Hasil Belajar, Strategi Pembelajaaran, PAIKEM

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Baadia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V, dengan jumlah 19 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil tes prasiklus yang mencapai nilai KKM ada 7 orang siswa (36,84%) dan siswa yang tidak mencapai nilai KKM 12 (63,15%) dengan jumlah nilai 1.080. Hasil tes siklus I siswa yang mencapai nilai KKM ada 11 orang siswa (57,89%) dan siswa yang tidak mencapai nilai KKM ada 8 orang siswa (42,10%) dengan jumlah nilai 1.220. Sedangkan hasil tes siklus II ada 19 orang siswa (100%) mencapai nilai KKM dan ada 0 orang siswa (0%) yang tidak mencapai nilai KKM dengan jumlah nilai 1.680. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan sudah memenuhi target yang telah ditetapkan pada indikator keberhasilan sebesar 65%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01