Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pair Check di Kelas IV SD Negeri 4 Baubau

Authors

  • Waode Musrifa Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irsan Irsan
  • Syamsurijal Syamsurijal

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pair Check

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa yakni meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA menggunakan menggunakan model pembelajaran Pair Check di kelas IV SD Negeri 4 Bau-bau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 60,33 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 11 siswa yang tuntas atau 33,33% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 54,16%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 67,91 presentase ketuntasan klasikal mencapai 16 siswa yang tuntas atau 66,67% dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 33,33%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 87,08 presentase ketuntasan klasikal semua 24 siswa tuntas atau 100%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 4 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irsan Irsan

<br />Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa yakni meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA menggunakan menggunakan model pembelajaran Pair Check di kelas IV SD Negeri 4 Bau-bau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 60,33 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 11 siswa yang tuntas atau 33,33% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 54,16%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 67,91 presentase ketuntasan klasikal mencapai 16 siswa yang tuntas atau 66,67% dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 33,33%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 87,08 presentase ketuntasan klasikal semua 24 siswa tuntas atau 100%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 4 Baubau.<br /><br />

Syamsurijal Syamsurijal

<br />Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa yakni meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA menggunakan menggunakan model pembelajaran Pair Check di kelas IV SD Negeri 4 Bau-bau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Baubau pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 60,33 presentase ketuntasan klasikal sebanyak 11 siswa yang tuntas atau 33,33% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 54,16%. Sedangkan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 67,91 presentase ketuntasan klasikal mencapai 16 siswa yang tuntas atau 66,67% dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 33,33%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh 87,08 presentase ketuntasan klasikal semua 24 siswa tuntas atau 100%. Bersadarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 4 Baubau.<br /><br />

Downloads

Published

2024-04-01