Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, CTLAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Sangia Wambulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Sangia Wambulu yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas guru 72,5% pada pertemuan pertama dan 77,5% pada pertemuan kedua, sedangkan pada siklus II aktivitas guru 92,5% pada pertemuan pertama dan 97,5% pada pertemuan kedua. Partisipasi siswa pertemuan pertama 63,88%, sedangkan pertemuan kedua 66,66%. Pada siklus II partisipasi siswa pertemuan pertama 71,77%, sedangkan pertemuan kedua 91,66%. Menurut evaluasi metode tradisional, persentase siswa tuntas siklus II adalah 85,71% atau 18 siswa, naik dari siklus I 42,85% atau 9 siswa. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran yang bersifat kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.