Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Basic Learning Di Kelas III SDN 3 Pulau Makasar
Keywords:
Hasil Belajar , Model Pembelajaran, Problem Based LearningAbstract
Desi Safitri Juladin 031901198. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Perta Didik Materi Perkalian Bersusun Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dikelas III SD Negeri 3 Pulau Makasar Kota Baubau. Hasil Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton. Pembimbing I Drs. Ma’ruf, M.Pd dan Pembimbing II Didin Adri, S.Si., M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi perkalian bersusun dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based learning dikelas III SD Negeri 3 Pulau Makasar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SD Negeri 3 Pulau Makasar. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 3 Pulau Makasar Kota Baubau yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) dengan penerapan model pembelajaran Problem Based learning peserta didik kelas III lebih mudah untuk memahami materi perklaian bersusun dalam pembelajara matematika; (2) dengan menggunakan model Problem Based learning dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara bertahap yaitu 2 siklus mengalami peningkatan yang signifikan dimana pemahaman belajar peserta didik pada siklus I terdapat 11 peserta didik tuntas belajar dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 38,89% dan 7 peserta didik tidak tuntas belajar dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 61,11% , pada siklus II terdapat 15 peserta didik tuntas belajar dengan nilai ketuntasan klasikal 83,33% sedangkan peserta didik tidak tuntas belajar terdapat 3 peserta didik dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 16,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 3 Pulau Makasar.