Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Baubau, Kota Baubau

  • Wa Ode Sitti Maryam
Keywords: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Baubau. Hasil penelitian ini adalah Uji asumsi regresi bebas multikolinientas, uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas terbukti. Hipotesis 1 diterima secara signifikan. Hal ini berarti bahwa tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hipotesis 2 diterima secara signifikan. Hal ini berarti bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kontribusi teori dalam penelitian ini adalah 54,9% prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Baubau dipengaruh secara positif oleh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar siswa. Sedangkan yang 45,1% dipengaruhi oleh hal-hal diluar variabel bebas tersebut.

Published
2018-10-31