Main Article Content
Abstract
Data eksisting menunjukkan bahwa dermaga ferry Umeputih telah memperlihatkan berbagai kerusakan baik gompal, retak struktur, keropos dan tulangan terekspos pada semua struktur atas dermaga yakni pelat lantai, balok, kolom dan pile cap. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai-nilai gaya dalam, untuk mendesain ulang penampang struktur atas dermaga ferry Umeputih. Metode analisis yang digunakan adalah analisa struktur statis dengan program bantu SAP2000 v.22. Pembebanan struktur atas dermaga fery berdasarkan SNI 1725-2016 dan perhitungan dimensi penampang rencana berdasarkan SNI 2847-2019. Data pembebanan untuk re-design dermaga yang dikumpulkan adalah berupa data jenis kapal kapasitas 700GRT, data batimetri, data arus, data pasang surut, data angin dan data gelombang. Data pasang surut dianalisis dengan metode admiralty sehingga diperoleh nilai HWS adalah+2,64 m, kedalaman kolam dermaga rencana adalah 4 m dan elevasi dermaga yang digunakan + 4,14 mLW. Hasil analisis didapatkan penampang rencana yakni pelat tebal 125 mm dengan tulangan utama D16-80 mm dan tulangan bagi D16-105 mm. Balok trestle dimensi 400x600 mm tulangan 8D25, sengkang tumpuan Ø12-80mm dan lapangan Ø12-150 mm. Balok dermaga 400x600 mm tulangan lapangan 12D25, sengkang tumpuan Ø12-60 lapangan Ø12-150 mm. Kolom lingkaran diameter D500 mm, tulangan 13D25, sengkang spiral Ø16–150 mm. Pile cap dimensi 1200x1200 mm tulangan D16-130 mm.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Morgan Lamotokana Setiady, Syafruddin I. Latuconsina, Rabiyatul Uzda, Abdul S. Mahubessy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Abidin, Z. (2023). Evaluasi Area Perairan Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri (DUKS) Milik Semen Indonesia Gresik Dengan Peningkatan Kapal 8000DWT (Doctoral dissertation, Universitas Narotama).
- Adyawardhana, A., Atikasari, L., & Soedarto, J. (2017). “Perencanaan Dermaga Kapal Perintis Di Pulau Kurudu, Papua”. Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 6. No.4, pp.134-143, Nov. 2017.
- Affandhie, R, B, A. dkk. (2020). Evaluasi Struktur Dermaga Akibat Korosi Berdasarkan SNI 2833-2016 Dan SNI 1725-2016. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 18 (1), 261-276.
- Amalia, T. A., Sasmito, A., & Mandaka, M. (2021). Engku Hamida International Ferry Port With Neoclasic Architecture Approach Pelabuhan Ferry Internasional Engku Hamida Dengan Pendekatan Arsitektur Neoklasik. Arsitektur Universitas Pandanaran Jurnal, 1(1), 22-32.
- Benge, C. A. I., Asih, A. S., & Hermawan, A. (2024). Perencanaan Ulang Struktur Dermaga Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat Daya. 5TH CEEDRIMS 2024, 5(2), 297-306.
- C. Devina, B. Kristi, B. Kristi, P. Nugroho, and S. Sriyana. (2017) "Perencanaan Dermaga Pelabuhan Rakyat Samber, Papua," Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 6, no. 4, pp. 309-318, Dec. 2017.
- Da costa,T, G, S. dkk. (2020). Evaluasi Perencanaan Dermaga (Jetty) Pada Pelabuhan Dili Timor Leste. Jurnal Ilmiah Telsinas, 3(1), 6-11.
- Fitriyanti, F. (2020). Analisis Kapasitas Fender Tipe V Pada Dermaga Curah Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
- Hafudiansyah, E & Prima, G. R. (2020). “Analisa Struktur Dermaga Cargo Dengan Kapasitas Kapal 50.000 GT (Studi Kasus: Pelabuhan Kolaka Sulawesi Tenggara). Akselerasi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(1).
- Herdiansah, Y., Susela, S., Nurjihan, F. (2018). Assesment Dermaga Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Santika, 5(1), 731-754.
- Huda, N., & Salwiyah, S. (2024). Struktur Komunitas Jenis Mikroepifit Pada Padang Lamun di Perairan Pelabuhan Feri Tomia Desa Kollo Soha Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 1(4), 15-29.
- Imbardi, I., & Masrul, W. (2021). Perencanaan dan Perancangan Pelabuhan Penumpang Domestik dan Internasional Kabupaten Meranti. Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan, 8(1), 16-27.
- Maspaitella, D. C. (2021). Analisis Kebutuhan Kapal Ferry Di Pelabuhan Laut, Provinsi Maluku (Study Kasus Pelabuhan Ferry Hunimua-Waipirit). Manumata: Jurnal Ilmu Teknik, 7(2), 63-76.
- Nugroho, B. J., & Hartono. (2022). Pemodelan Beban Pada Struktur Dermaga Multipurpose Dengan SAP2000. Jurnal teknik sipil Unaya, 8(1), 98-107.
- Plangiten, R. R., Pandey, S. V., & Lalamentik, L. G. (2019). Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Bitung. Sipil Statik, 7(2), 265-276.
- Pranata, D. (2019). Perencanaan Dermaga Pelabuhan Peti Kemas Maloy Di Kutai Timur. Dynamic Saint, 4(1), 734-741.
- Soedarto, J. (2017). Perencanaan Dermaga Pelabuhan Perintis Windesi Kab. Kepulauan Yapen, Papua. 6.
- Sudjasta, B. dkk. (2022). Perencanaan Dermaga Kapal Pengangkut Ternak Pada Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat. Civil Engineering Collaboration, 7(1), 87-95.
- Sukri, A,S., & Karamma, R. (2019). Pemodelan Pembebanan Gaya Pada Struktur Dermaga Dengan Aplikasi SAP2000. semanTIK, 5(1), 69-78.
- Thersian, P. (2017). Pengaruh Tumpahan Clinker Terhadap Kelancaran Proses Sandar Kapal Di Lingkungan Dermaga Pelabuhan Semen Indonesia Tuban (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang).
- Utomo, E. (2021). Analisis Kelayakan Struktur Dermaga IV Pelabuhan Malundung Kota Tarakan Untuk Kapasitas Mobil Crane Bongkar Muat. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 103–116.
References
Abidin, Z. (2023). Evaluasi Area Perairan Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri (DUKS) Milik Semen Indonesia Gresik Dengan Peningkatan Kapal 8000DWT (Doctoral dissertation, Universitas Narotama).
Adyawardhana, A., Atikasari, L., & Soedarto, J. (2017). “Perencanaan Dermaga Kapal Perintis Di Pulau Kurudu, Papua”. Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 6. No.4, pp.134-143, Nov. 2017.
Affandhie, R, B, A. dkk. (2020). Evaluasi Struktur Dermaga Akibat Korosi Berdasarkan SNI 2833-2016 Dan SNI 1725-2016. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 18 (1), 261-276.
Amalia, T. A., Sasmito, A., & Mandaka, M. (2021). Engku Hamida International Ferry Port With Neoclasic Architecture Approach Pelabuhan Ferry Internasional Engku Hamida Dengan Pendekatan Arsitektur Neoklasik. Arsitektur Universitas Pandanaran Jurnal, 1(1), 22-32.
Benge, C. A. I., Asih, A. S., & Hermawan, A. (2024). Perencanaan Ulang Struktur Dermaga Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat Daya. 5TH CEEDRIMS 2024, 5(2), 297-306.
C. Devina, B. Kristi, B. Kristi, P. Nugroho, and S. Sriyana. (2017) "Perencanaan Dermaga Pelabuhan Rakyat Samber, Papua," Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 6, no. 4, pp. 309-318, Dec. 2017.
Da costa,T, G, S. dkk. (2020). Evaluasi Perencanaan Dermaga (Jetty) Pada Pelabuhan Dili Timor Leste. Jurnal Ilmiah Telsinas, 3(1), 6-11.
Fitriyanti, F. (2020). Analisis Kapasitas Fender Tipe V Pada Dermaga Curah Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Hafudiansyah, E & Prima, G. R. (2020). “Analisa Struktur Dermaga Cargo Dengan Kapasitas Kapal 50.000 GT (Studi Kasus: Pelabuhan Kolaka Sulawesi Tenggara). Akselerasi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 2(1).
Herdiansah, Y., Susela, S., Nurjihan, F. (2018). Assesment Dermaga Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Santika, 5(1), 731-754.
Huda, N., & Salwiyah, S. (2024). Struktur Komunitas Jenis Mikroepifit Pada Padang Lamun di Perairan Pelabuhan Feri Tomia Desa Kollo Soha Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 1(4), 15-29.
Imbardi, I., & Masrul, W. (2021). Perencanaan dan Perancangan Pelabuhan Penumpang Domestik dan Internasional Kabupaten Meranti. Jurnal Arsitektur: Arsitektur Melayu dan Lingkungan, 8(1), 16-27.
Maspaitella, D. C. (2021). Analisis Kebutuhan Kapal Ferry Di Pelabuhan Laut, Provinsi Maluku (Study Kasus Pelabuhan Ferry Hunimua-Waipirit). Manumata: Jurnal Ilmu Teknik, 7(2), 63-76.
Nugroho, B. J., & Hartono. (2022). Pemodelan Beban Pada Struktur Dermaga Multipurpose Dengan SAP2000. Jurnal teknik sipil Unaya, 8(1), 98-107.
Plangiten, R. R., Pandey, S. V., & Lalamentik, L. G. (2019). Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Bitung. Sipil Statik, 7(2), 265-276.
Pranata, D. (2019). Perencanaan Dermaga Pelabuhan Peti Kemas Maloy Di Kutai Timur. Dynamic Saint, 4(1), 734-741.
Soedarto, J. (2017). Perencanaan Dermaga Pelabuhan Perintis Windesi Kab. Kepulauan Yapen, Papua. 6.
Sudjasta, B. dkk. (2022). Perencanaan Dermaga Kapal Pengangkut Ternak Pada Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat. Civil Engineering Collaboration, 7(1), 87-95.
Sukri, A,S., & Karamma, R. (2019). Pemodelan Pembebanan Gaya Pada Struktur Dermaga Dengan Aplikasi SAP2000. semanTIK, 5(1), 69-78.
Thersian, P. (2017). Pengaruh Tumpahan Clinker Terhadap Kelancaran Proses Sandar Kapal Di Lingkungan Dermaga Pelabuhan Semen Indonesia Tuban (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang).
Utomo, E. (2021). Analisis Kelayakan Struktur Dermaga IV Pelabuhan Malundung Kota Tarakan Untuk Kapasitas Mobil Crane Bongkar Muat. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 103–116.