Analisis Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Baubau

  • Fahmil Ikhsan Taharu Universitas Muhammadiyah Buton http://orcid.org/0000-0002-5490-7260
  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurwahida Nurwahida Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kusrini Kusrini Universitas Muhammadiyah Buton
  • Arwan Bin Laeto Program Studi Pendidikan Dokter, Universitas Sriwijaya
Keywords: HOTS, Pembelajaran Biologi, SMAN 2 Baubau

Abstract

Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran biologi menjadi fokus dari kurikulum. Hal ini menyaratkan agar setiap sekolah termasuk SMAN 2 Baubau untuk mengintegrasikan HOTS pada pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan HOTS pada pembelajaran biologi di SMAN 2 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif yang terdiri atas tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Penerapan HOTS pada pembelajaran biologi di SMAN 2 Baubau dilakukan melalu proses pembelajaran intrakurikuler dengan dilaksanakan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, serta tahap tindak lanjut hasil pembelajaran, dan  (2) Penerapan HOTS dilaksanakan melalui scenario pembuatan peta pikiran, kartu flash, praktikum dan praktikum lapangan, proyek lingkungan dan bioteknologi, dokter siswa menjelaskan, pembuatan video penyalahgunaan narkoba, duta ASI dan Keluarga Berencana, Penyusunan artikel, Tutor Sebaya, dan Pembuatan Timeline

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Lorin, W., & Krathwohl, D. R. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives Terjamahan: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (A. Prihantoro, Ed.). Pustaka Pelajar.

Atmaja, A. S. K., & Sonia, G. (2020). USING FLASH CARDS TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY. PROJECT (Professional Journal of English Education). https://doi.org/10.22460/project.v3i2.p283-289

Basche, A., Genareo, V., Leshem, A., Kissell, A., & Pauley, J. (2016). Engaging Middle School Students through Locally Focused Environmental Science Project-Based Learning. Natural Sciences Education. https://doi.org/10.4195/nse2016.05.0012

Cimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective: Students’ views.Educational Research and Reviews,. Students’ Views.Educational Research and Reviews.

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372

Fatmawati, B. (2016). The analysis of students’ creative thinking ability using mind map in biotechnology course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5825

Fleischner, T. L., Espinoza, R. E., Gerrish, G. A., Greene, H. W., Kimmerer, R. W., Lacey, E. A., … Zander, L. (2017). Teaching Biology in the Field: Importance, Challenges, and Solutions. BioScience. https://doi.org/10.1093/biosci/bix036

Grillo, K. J. (2011). An Investigation of The Effects of Using Digital Flashcards to Increase Biology Vocabulary Knowledge in High School Students With Learning Disabilities. University of Central Florida. Retrieved from http://etd.fcla.edu/CF/CFE0003972/Grillo_Kelly_J_201108_PhD.pdf

Irhamni, E., Murniati;, & Niswanto. (2017). PENGELOLAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 6(3), 140–146.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME). https://doi.org/10.9790/7388-0701052632

Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Pramesti, B. N., Sajidan, S., Dwiastuti, S., & Setyaningsih, E. (2019). The feasibility of biology module based on Stim-HOTS models. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7385

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century.

Supriyatin, Rahayu, S., Ristanto, R. H., & Ichsan, I. Z. (2019). Improving hots in biology learning: A supplement book of plant growth and development. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071211

Taharu, F. I. (2017). Pemanfaatan Media Narik Layang Nutrient Agar Ekstrak Daging Ikan Layang (Decapterus russelli) Pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Materi Bakteri. JURNAL BIOEDUCATION. https://doi.org/10.29406/622

Taharu, F. I., Aba, L., Iksan, M., Kusrini, Nurwahida, Gazalin, J., … Ibrahim, T. (2019). Project-based learning to improve the conceptual knowledge of students in environmental microbiology topics. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 343). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012120

Yoga, D. (2018). Strategi Mengajar untuk Meningkatkan HOTS. Retrieved from http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/strategi-mengajar-untuk-meningkatkan-hots/

Yoki, A., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Yusuf; Sadia, I Wayan; Suastra, I. W. S. (2019). Higher-order thinking skills (HOTS) in teaching and learning biology at Madrasah Aliyah. In Journal of Physics: Conference Series (pp. 1–6). IOP Publishing.

Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru pada Pembelajaran Biologi Tingkat Madrasah/Sekolah di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus Wilayah Priangan Timur). BioEdUIN, 8(2), 34–42.

Published
2020-08-22
How to Cite
Taharu, F., Samritin, S., Nurwahida, N., Kusrini, K., & Laeto, A. (2020). Analisis Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 48-57. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.692
Section
Articles