Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (BK) di SMP Negeri 2 Pasarwajo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang danalisis secara deskriptif pada penerapan prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling oleh Guru SMP Negeri 2 Pasarwajo dengan metode pengumpulan data observasi langsung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi data (data reduction) (2) Penyajian data (display data) (3) Kesimpulan (conclution drawing). Hasil dari penelitian diperoleh bahwa prinsip-prinsip pelaksanaan BK oleh guru terkait telah terlaksana sebagaimana mestinya. Dari empat indikator pertanyaan terdapat satu indikator mengenai pelayanan individual dari masalah yang dihadapi siswa yang seharusnya dapat difasilitasi oleh guru. Selain itu dari aspek fasilitas pelaksanaan masih jauh dari kesempurnaan akibat kurangnya kerjasama dan dukungan dari pimpinan sekolah dan stekholder terhadap fungsi, tujuan dan manfaat Bimbingan dan Konseling.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Bading, B. (2018). Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Interpersonal Guru BK terhadap Tingkat Kenakalan Siswa. Jurnal Komunikasi Kareba, 7(1).
- Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. CV Andi Offset.
- Depdiknas. (2002). Paduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi SMP, Madrasah, Tsanawiyah dan Sederajat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
- Eko. (2010). Tujuan Bimbingan Konseling. http//eko13.Wordpress.com
- Gunarsa, R. E. (1995). Psikologi Perkembangan. PT BPK Gunung Mulia.
- Prayitno. (2000). Panduan Bimbingan dan Konseling. Depdigbud Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Priyatno, & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
- Rahman, F. (2010). Sastra Anak Dalam Persimpangan. Jurnal Lensa Budaya, 5(1).
- Santrock., J. W. (2012). Life Span Development (13th ed.). Erlangga.
References
Bading, B. (2018). Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Interpersonal Guru BK terhadap Tingkat Kenakalan Siswa. Jurnal Komunikasi Kareba, 7(1).
Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. CV Andi Offset.
Depdiknas. (2002). Paduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi SMP, Madrasah, Tsanawiyah dan Sederajat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Eko. (2010). Tujuan Bimbingan Konseling. http//eko13.Wordpress.com
Gunarsa, R. E. (1995). Psikologi Perkembangan. PT BPK Gunung Mulia.
Prayitno. (2000). Panduan Bimbingan dan Konseling. Depdigbud Pendidikan Dasar dan Menengah.
Priyatno, & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Rahman, F. (2010). Sastra Anak Dalam Persimpangan. Jurnal Lensa Budaya, 5(1).
Santrock., J. W. (2012). Life Span Development (13th ed.). Erlangga.