Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (BK) di SMP Negeri 2 Pasarwajo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang danalisis secara deskriptif pada penerapan prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling oleh Guru SMP Negeri 2 Pasarwajo dengan metode pengumpulan data observasi langsung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi data (data reduction) (2) Penyajian data (display data) (3) Kesimpulan (conclution drawing). Hasil dari penelitian diperoleh bahwa prinsip-prinsip pelaksanaan BK oleh guru terkait telah terlaksana sebagaimana mestinya. Dari empat indikator pertanyaan terdapat satu indikator mengenai pelayanan individual dari masalah yang dihadapi siswa yang seharusnya dapat difasilitasi oleh guru. Selain itu dari aspek fasilitas pelaksanaan masih jauh dari kesempurnaan akibat kurangnya kerjasama dan dukungan dari pimpinan sekolah dan stekholder terhadap fungsi, tujuan dan manfaat Bimbingan dan Konseling.

Keywords

Prinsip Program Bimbingan Siswa

Article Details

How to Cite
Tarno, T. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Pasarwajo. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 67–74. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.686

References

  1. Bading, B. (2018). Penerapan Prinsip-Prinsip Komunikasi Interpersonal Guru BK terhadap Tingkat Kenakalan Siswa. Jurnal Komunikasi Kareba, 7(1).
  2. Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. CV Andi Offset.
  3. Depdiknas. (2002). Paduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi SMP, Madrasah, Tsanawiyah dan Sederajat. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
  4. Eko. (2010). Tujuan Bimbingan Konseling. http//eko13.Wordpress.com
  5. Gunarsa, R. E. (1995). Psikologi Perkembangan. PT BPK Gunung Mulia.
  6. Prayitno. (2000). Panduan Bimbingan dan Konseling. Depdigbud Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Priyatno, & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
  8. Rahman, F. (2010). Sastra Anak Dalam Persimpangan. Jurnal Lensa Budaya, 5(1).
  9. Santrock., J. W. (2012). Life Span Development (13th ed.). Erlangga.