Penggunaan Teknik Umpan Balik Dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Bulukumba

  • Ernawati Ernawati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Tri Maniarta Sari Universitas Sembilabelas November Kolaka
Keywords: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Teknik Umpan Balik

Abstract

Pembelajaran dengan memberikan tugas tidak akan berarti apa-apa terhadap siswa bila hanya diberikan begitu saja, sehingga perlu diberikan umpan balik, sebab dengan umpan balik siswa dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba melalui penggunaan teknik umpan balik dalam pembelajaran biologi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian yakni kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba dengan jumlah 27 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II, hal ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan persentase aktivitas siswa. Hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,73 dengan kategori sedang meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,56 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penggunaan teknik umpan balik dalam pembelajaran biologi maka terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tri Maniarta Sari, Universitas Sembilabelas November Kolaka

Program Studi Pendidikan Biologi

References

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Rineka Cipta.

Farisatma. (2017). Applying Group Work to Improve Student’s Grammar Achievements. Imperial Journal of Interdisciplinary Research - IJIR, 3(5), 1971–1975.

Herlina, & Diana. (2012). Peran Umpan Balik bagi Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 1(3), 151–158.

Radikal, E. (2012). Urutan Kualitas Pendidikan Indonesia Dimata Dunia Dari Tahun Ketahun. http://ekoradikal.html/13./01/2012

Rahman, F. (2019). Environmental Expression Using Discourse Analysis. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1, 343.

Rahmawati. (2009). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur Dengan Umpan Balik Dan Cooperatif Learning Di Tinjau Dari Aktivitas Siswa.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Rineka Cipta.

Seruni, & Hikmah. (2014). Pemberian Umpan Balik dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Formatif, Volume 4(3), 227–236.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudrajat, R. (2009). Terjemahan bebas dari judul asli: Providing Students with Effective Feedback. Academic Leadership Jounal Online, 4(4).

Published
2020-08-22
How to Cite
Ernawati, E., & Sari, T. (2020). Penggunaan Teknik Umpan Balik Dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Bulukumba. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 42-47. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.567
Section
Articles