Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penelitian untuk menganalisis dan menjelaskan kompetensi pegawai kelurahan, pelayanan administrasi kependudukan, serta pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survei analitis, deskriptif dan eksplanatori. Subjek penelitian adalah seluruh masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan pada 11 wilayah kelurahan di Kecamatan Murhum Kota Baubau dalam bulan juni tahun 2011 sebanyak 132 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai kelurahan di wilayah Kecamatan Murhum dilihat dari lima dimensi menunjukkan hasil rata-rata dalam kategori baik, namun perlu peningkatan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan. Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dilihat dari lima dimensi menunjukkan hasil rata-rata dalam kategori baik pula meskipun memiliki keterbatasan sarana dan prasarana. Kompetensi pegawai kelurahan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dilihat dari lima dimensi yang mempengaruhi lima dimensi kualitas pelayanan administrasi kependudukan menunjukkan hasil rata-rata dalam kategori baik. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh kompetensi pegawai kelurahan terhadap kualitas administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau terbukti atau diterima.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Sri Asmidar Asmiddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Along, A. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94-99.
- Juliantara, Dadang (Editor). (2005). Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.
- Khairunnisa, K. (2021). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57-62.
- Leliana, I., & Gogali, V. A. (2019). Strategi humas kementerian perindustrian dalam menginformasikan layanan publik melalui youtube. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 6(2), 110-119.
- Madhyastha, M. A. R. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Resistensi Penggunaan Aplikasi Layanan Publik. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1597-1625.
- Mahmudi. (2005). Manajemen Kerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan, YKPN.
- Mardiyani, S. A., Sari, D. N., Koti, S., Cahyati, R., Safitri, H., Aziz, M. A., ... & Sukmana, P. E. (2020). Digitalisasi Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Informasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 188-192.
- Mokobombang, W., Syafaruddin, S., Syafaruddin, A. R. A., Khaeriyah, K., & Natsir, N. (2023). Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(1), 348-359.
- Muharman, A., Fitrisia, A., & Ofianto, O. (2023). PERGESERAN NOMENKLATUR ADMINISTRASI NEGARA MENJADI ADMINISTRASI PUBLIK. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 152-159.
- Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).
- Napitupulu, P. Aimin. (2006). Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: PT Alumni.
- Sa'idu, N. U. R. (2021). Persepsi kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan pendidikan madrasah binaan kecamatan bringin kabupaten semarang tahun 2021. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(3), 169-177.
- Sandiasa, G., & Agustana, P. (2018). Reformasi administrasi dan birokrasi pemerintahan daerah dalam menigkatkan kualitas layanan publik di daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 1-8.
- Septa, F., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2019). Analisis kualitas layanan E-Government dengan pendekatan E-Govqual modifikasi. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 157.
- Siregar, H., & Jaya, I. (2023). IKM dalam Pelayanan Publik Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kantor Kelurahan Langkai. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 9(1), 60-70.
- Sukmawati, B. S. N., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Shopee. eProceedings of Management, 8(4).
- Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1-9.
- Walinegoro, B. G., Saputra, G., Inayah, F., & Sari, L. W. (2023). Tata Kelola Inovasi Layanan Publik: Program Lasamba (Layanan Sambang Warga) Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Journal of Governance Innovation, 5(1), 42-60
- Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.
- Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 53-68.
- Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16.
- Yusamah, U. B. (2020). Layanan Dukungan Psikososial Bagi Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha DKI Jakarta (Studi Kasus di PSTW Budi Mulya 3, DKI Jakarta). Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik.
- Zahara, Z., & Aryansah, J. E. (2023). Media Sosial dan Pelayanan Publik: Pengaruh Adopsi dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 14, 63-82.
References
Along, A. (2020). Kualitas layanan administrasi akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94-99.
Juliantara, Dadang (Editor). (2005). Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.
Khairunnisa, K. (2021). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57-62.
Leliana, I., & Gogali, V. A. (2019). Strategi humas kementerian perindustrian dalam menginformasikan layanan publik melalui youtube. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 6(2), 110-119.
Madhyastha, M. A. R. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Resistensi Penggunaan Aplikasi Layanan Publik. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1597-1625.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan, YKPN.
Mardiyani, S. A., Sari, D. N., Koti, S., Cahyati, R., Safitri, H., Aziz, M. A., ... & Sukmana, P. E. (2020). Digitalisasi Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Informasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 188-192.
Mokobombang, W., Syafaruddin, S., Syafaruddin, A. R. A., Khaeriyah, K., & Natsir, N. (2023). Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(1), 348-359.
Muharman, A., Fitrisia, A., & Ofianto, O. (2023). PERGESERAN NOMENKLATUR ADMINISTRASI NEGARA MENJADI ADMINISTRASI PUBLIK. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 152-159.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).
Napitupulu, P. Aimin. (2006). Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: PT Alumni.
Sa'idu, N. U. R. (2021). Persepsi kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan pendidikan madrasah binaan kecamatan bringin kabupaten semarang tahun 2021. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(3), 169-177.
Sandiasa, G., & Agustana, P. (2018). Reformasi administrasi dan birokrasi pemerintahan daerah dalam menigkatkan kualitas layanan publik di daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 1-8.
Septa, F., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2019). Analisis kualitas layanan E-Government dengan pendekatan E-Govqual modifikasi. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 157.
Siregar, H., & Jaya, I. (2023). IKM dalam Pelayanan Publik Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kantor Kelurahan Langkai. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 9(1), 60-70.
Sukmawati, B. S. N., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Shopee. eProceedings of Management, 8(4).
Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1-9.
Walinegoro, B. G., Saputra, G., Inayah, F., & Sari, L. W. (2023). Tata Kelola Inovasi Layanan Publik: Program Lasamba (Layanan Sambang Warga) Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Journal of Governance Innovation, 5(1), 42-60
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.
Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 53-68.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16.
Yusamah, U. B. (2020). Layanan Dukungan Psikososial Bagi Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha DKI Jakarta (Studi Kasus di PSTW Budi Mulya 3, DKI Jakarta). Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik.
Zahara, Z., & Aryansah, J. E. (2023). Media Sosial dan Pelayanan Publik: Pengaruh Adopsi dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 14, 63-82.