Aktivitas Belajar Berbicara Dengan Model Kolaboratif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia

  • suryanti suryanti Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: berbicara, model kolaboratif

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Aktivitas  Belajar  Berbicara dengan model kolaboratif pada pelajaran Bahasa  Indonesia siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Baubau. Manfaat dalam penelitian ini adalah membantu siswa dalam memudahkan mereka untuk belajar secara kontinu dan berkesinambungan.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dengan menggunakan tes. Observasi dalam penelitian ini bertujuan untuk gambaran aktivitas peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dengan berpedoman pada format observasi yang disusun oleh peneliti sendiri. tes merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik terhadap penguasaan bahan pelajaran”. Maka untuk mendapatkan hasil tanggapan atau respon belajar yang dibutuhkan oleh peneliti, maka peneliti menggunakan tes, sesuai dengan sasaran dan tujuan penelitian.

Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini yang didapat peneliti selama penelitian dilakukan di kelas IX SMA Negeri 3 Baubau kelas IX adalah bahwa aktivitas belajar dan berbicara peserta didik selama pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi lebih aktif. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 70.42 dengan kriteria baik, meningkat menjadi baik pada siklus II dengan skor rata-rata 75.00, dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik merespon terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi.

Kata Kunci : berbicara, model kolaboratif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-13