Main Article Content

Abstract

Penelitian ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan yang dapat dijadikan sebagai referensi baru yang diharapkan dapat menjadi bahan kajian serta diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran yang terkait dengan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yang sumber kajiannya yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai sumber informasi yang diambil dari beberapa data dalam bentuk dokumen-dokumen tertulis diantaranya yaitu buku, jurnal, artikel, atau berupa catatan-catatan maupun dokumen-dokumen lainnya yang terkait dengan permasalahan penelitian. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Deskriptif Kualitatif, yaitu merumuskan masalah penelitian serta mengeksplorasi situasi yang pada umumnya terjadi di dalam pembelajaran bahasa Inggris secara menyeluruh, luas dan mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jenis media yang tersedia dapat kita manfaatkan dan diimplementasikan oleh pengajar atau guru dalam pembelajaran bahasa Inggris, tentunya materi yang akan diajarkan harus disesuaikan dengan pemilihan media yang akan digunakan. Selain itu, disesuaikan pula dengan tingkat kebutuhan siswa, yang tujuannya untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan juga mengurangi kesulitan belajar siswa, mengurangi rasa jenuh dan bosan serta mengurangi human error. Memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi media dapat dipilih mulai dari penggunaan media yang sederhana hingga pada media kompleks.

Keywords

Media Pembelajaran Pengajaran Bahasa Inggris Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Darmayanti, D. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Inggris terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2), 501–513. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.3298