Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar dan peran serta orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh peran serta orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII, IX SMP Negeri 1 Baubau. Pengambilan sampel dengan teknik claster random (sampling klaster) dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dan peran serta orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 36,5%. Demikian pula secara parsial motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan peran serta orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau. Variabel motivasi belajar diperoleh nilai t= 3,414 dan variabel peran serta orang tua diperoleh nilai t = 3,253. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel motivasi belajar merupakan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Baubau.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
