Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa, untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan motivasi dan partisifasi belajar sehingga dapat merubah paradigma belajar dari teacher centered ke student centered. Secara tidak langsung metode ini berhasil juga meningkatkan hasil atau prestasi belajar serta kreativitas siswa dalam belajar.

Keywords

cooperative learning, prestasi siswa

Article Details

How to Cite
mujurimi, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENINGKATAN MOTIVASI, PARTISIPASI BELAJAR SERTA KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X-1 SMA NEGERI 3 BAUBAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(1), 22–39. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i1.287