Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara pada pembelajaran bercerita pengalaman meggunakan media sortir kartu (sort card) pada siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan bercerita pengalaman menggunakan media sortir kartu (sort card) siswa kelas X-3 SMAN 2 Lasalimu Selatan meningkat sebesar 5,36 %. Pada siklus I nilai persentase keberhasilan sebesar 67,44 sedangkan pada siklus II nilai persentase keberhasilan menjadi 76,33; dan (2) Sikap dan persentase keterlibatan siswa semakin meningkat pada tiap pertemuan per siklusnya. Pada pertemuan pertama siklus I, jumlah yang mendukung adalah 46,6% dan menjadi 65,6% pada pertemuan berikutnya. Hal ini jika dihitung meningkat sebanyak 19%. Tidak hanya di situ pada pertemuan berikutnya yakni pertemuan pertama siklus II bertambah lagi 7,2% sehingga menjadi 72,8%. Peningkatan juga terjadi pada pertemuan kedua siklus II. Peningkatan itu terjadi sebesar 10,4% dan menjadi 83,2%.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.