Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai personal berdasarkan kajian dari teori Schwartz yang dimiliki oleh stay employee dari generasi milenial dan generasi z. Dimana angkatan kerja produktif saat ini berasal dari kedua generasi tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah Portrait Value Questionnaire (PVQ) yang dikembangkan oleh Schwartz (2001). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampling, yaitu purposive sampling. Pengambilan data terhadap sampel penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian marketing di salah satu bank swasta di Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah 148 orang stay employee dengan rentang usia 18-39 tahun dengan masa kerja minimal 6 bulan. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukan bahwa tipe nilai Conformity, Benevolence, Universalism, dan Security memiliki nilai mean paling tinggi. Dimana keempat nilai tersebut merupakan nilai-nilai kehidupan sosial. Hal ini sesuai dengan karakteristik dari generasi milenial dan generasi z yang senang untuk berinteraksi khususnya di media sosial sehingga nila-nilai kehidupan sosial dalam hal ini lingkungan kerjanya cenderung lebih dominan.

Keywords

Nilai personal Stay Employee Marketing Generasi Milenial dan Z

Article Details

How to Cite
Supia, I., Hadi, C., & Fajrianthi, F. (2023). Nilai Personal pada Stay Employee Angkatan Kerja Generasi Milenial dan Generasi Z: Studi pada Posisi Marketing di Salah Satu Bank Swasta di Indonesia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2), 385–392. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.2721