Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai personal berdasarkan kajian dari teori Schwartz yang dimiliki oleh stay employee dari generasi milenial dan generasi z. Dimana angkatan kerja produktif saat ini berasal dari kedua generasi tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah Portrait Value Questionnaire (PVQ) yang dikembangkan oleh Schwartz (2001). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampling, yaitu purposive sampling. Pengambilan data terhadap sampel penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian marketing di salah satu bank swasta di Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah 148 orang stay employee dengan rentang usia 18-39 tahun dengan masa kerja minimal 6 bulan. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukan bahwa tipe nilai Conformity, Benevolence, Universalism, dan Security memiliki nilai mean paling tinggi. Dimana keempat nilai tersebut merupakan nilai-nilai kehidupan sosial. Hal ini sesuai dengan karakteristik dari generasi milenial dan generasi z yang senang untuk berinteraksi khususnya di media sosial sehingga nila-nilai kehidupan sosial dalam hal ini lingkungan kerjanya cenderung lebih dominan.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
