Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet pada materi klasifikasi makhluk hidup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester gasal sebanyak enam kelas, yaitu kelas VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, dan VII-5. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari lima kelas yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 5 Baubau. Sebanyak 100% siswa merasa pembelajaran kooperatif tipe NHT mempermudah dalam mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup.

Keywords

buklet, hasil belajar, Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Article Details

How to Cite
Hariyana, W. O. (2019). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA BUKLET PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 5 BAU-BAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.35326/pencerah.v3i1.268