Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet pada materi klasifikasi makhluk hidup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester gasal sebanyak enam kelas, yaitu kelas VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, dan VII-5. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari lima kelas yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT menggunakan media buklet dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 5 Baubau. Sebanyak 100% siswa merasa pembelajaran kooperatif tipe NHT mempermudah dalam mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
