Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Role Playing di kelas V SD Negeri 2 Bataraguru. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 2 Bataraguru pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model Pembelajaran Role Playing di Kelas V SD Negeri 2 Bataraguru. Hal ini ditunjukkan oleh hasil peningkatan sebagai berikut: (1) Hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas V SD Negeri2 Bataraguru, yaitu pada siklus I persentase hasil belajar siswa secara klasikal sebesar  45% dengan nilai rerata 65 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 85% dengan  nilai rerata 74; (2) Aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama diketahui memperoleh nilai sebesar 43%, dan pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 64%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 71%, dan pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 93%; (3) Aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 45%, dan pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 63%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 73%, dan siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 82%, maka aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran menulis karangan melalui media gambar  di kelas sudah terlaksana.

Keywords

berbicara, model pembelajaran, Role Playing

Article Details

How to Cite
Muniati, M. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI 2 BATARAGURU KOTA BAUBAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.35326/pencerah.v3i1.265