Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas Ix-1 Di Mts Negeri 4 Bombana

  • Zatimah Zatimah
Keywords: Metode, Pembelajaran, CTL

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas IX-1 di MTs. Negeri 4 Bombana. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di MTs. Negeri 4 Bombana  pada kelas IX-I semester 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 MTs. Negeri 1 Bombana, yang berjumlah 25 orang. Terdiri atas 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Hasil penilaian menunjukan bahwa setelah penelitian berlangsung selama dua siklus, penggunaan model pembelajaran CTL memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat belajar siswa dalam memahami kompetensi geografi, meningkatkan pemahaman siswa, partisipasi siswa dalam pembelajaran, semangat, gairah, membangkitkan aktifitas, daya khayal dan kepedulian siswa dalam belajar IPS baik secara individu maupun kelompok.

Published
2018-10-31