Pengaruh Terpaan Postingan Informasi Kesehatan Di Instagram Dan Daya Tarik Pesan Iklan Layanan Masyarakat Di Youtube Terhadap Minat Khalayak Dalam Melakukan Vaksin Covid - 19
(Studi Eksplanatif Pada Follower kemenkes_ri)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.851Keywords:
Terpaan Postingan, Media Instagram, Daya Tarik Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Media Youtube, Minat menggunakan dan Model AIDAAbstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui besaran terpaan posting informasi terhadap minat melakukan vaksin. Penelitian ini menggunakan Teori Computer Mediated Communications, tradisi komunikasi sosiopsikologis. Penelitian ini menggunakan paradigma positivism, pendekatan kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey. Hasil diperoleh adanya hubungan yang positif dan kuat Terpaan Postingan Instagram terhadap Minat Menggunakan Vaksin sebesar 0,669. Adanya hubungan yang positif dan kuat Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Minat Menggunakan Vaksin sebesar 0,789. Hasil pengujian korelasi berganda, didapatkan nilai koefisien (R) sebesar 0,411, secara stimulan Terpaan Postingan Instagram dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Y Minat Menggunakan Vaksin terdapat hubungan positif dan sedang. Hasil uji regresi dimana jika Terpaan Postingan Instagram naik maka Minat Menggunakan Vaksin akan naik, kenaikan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat akan meningkatkan Minat Menggunakan Vaksin. Hasil uji T diperoleh Terpaan Postingan Instagram ke variabel Minat Menggunakan Vaksin Ha diterima, Ho ditolak dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat ke Minat Menggunakan Vaksin Ho ditolak dan Ha diterima. hasil uji F yang menunjukkan nilai f hitung sebesar 19.283 dan nilai sig sebesar 0,000. Maka diketahui bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel (3,09) dan nilai sig lebih kecil dari 0,05. Dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Terpaan Postingan Instagram kemenkes_ri dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Minat Menggunakan Vaksin.
Key word : Terpaan Postingan, Media Instagram, Daya Tarik Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Media Youtube, Minat menggunakan dan Model AIDA
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication