Analisis Komunikasi Persuasif Pada Akun Instagram Frelynshop Dalam Meningkatkan Brand Image

  • Gisela Hennita, Meisy Efna Prisylia, Violita Saffira Communication and Business Institute The London School of Public Relations Jakarta
Keywords: Brand Image, Komunikasi Persuasif, Media sosial

Abstract

Kehidupan masyarakat masa kini sudah semakin dipermudah seiring dengan hadirnya internet di Indonesia. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 143,26 juta pada bulan Maret 2018. Media sosial merupakan media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Media sosial yang paling banyak digemari oleh masyarakat salah satunya adalah Instagram. Online shop merupakan strategi baru dalam perdagangan. Salah satu online shop yang menggunakan Instagram adalah Frelynshop yang di dirikan sejak tahun 2013 dan selalu melakukan komunikasi persuasif di instagramnya. Frelynshop menanamkan persepsi kepada konsumen bahwa Frelynshop merupakan online shop terbaik, terlengkap, dan ter-readystock. Meskipun sudah berjalan 5 tahun dan memiliki followers yang tergolong banyak di Instagram, Frelynshop masih mendapatkan komen atau review yang bersifat negatif dari para pembelinya. Berdasarkan ini, peneliti tertarik meneliti komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Frelynshop dalam meningkatkan brand image di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Frelynshop dalam meningkatkan brand image di media sosial Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah dalam meningkatkan brand image, Frelynshop melakukan dengan konsisten untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumennya dan melakukan beberapa kegiatan seperti giveaway, spam likes, QnA, dan live di Instagram secara konsisten sehingga mendapatkan respon yang positif dari konsumennya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-25