Evaluasi Pelaksanaan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buton

  • La Asiri Aris Aris Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Evaluasi, Perekaman, KTP-el

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Pelaksanaan Perekaman KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton. Penelitian ini menggunakan teori kriteria evaluasi  Dunn (2012:728), yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, dan responsifitas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif, dalam pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Adapun teknik yang peneliti gunakan adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data lapangan. Komponen dalam analisis data diantaranya, reduksi data, display data, mengelompokkan data, dan menyimpulkan.

Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa program KTP-el sudah dicapai namun belum maksimal, dimana masih banyaknya ketidaksesuaian NIK di Kartu Keluarga dengan KTP-el, kemudian seiring dengan kekosongan balngko KTP-el menyebabkan pelayanan menjadi terlambat dan banyaknya data duplicated record karena belum adanya pengecekkan biometrik. Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlunya dilakukan sosialisasi secara komprehensif dan perlunya ditambahkan aplikasi untuk cek biometrik supaya lebih efektif dan efisien. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-20
How to Cite
Aris, L. A. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buton. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 67-76. https://doi.org/10.35326/kybernan.v3i1.582
Section
Articles