OPTIMALISASI OPTIMALISASI BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMANFAATKAN POTENSI DESA (Studi Pada Desa Lampanairi Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan)

  • Darmin Bone Hasirun Universitas Muslim Buton
Keywords: Optimalisasi, Badan Usaha Milik Desa, Potensi Desa.

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan untuk mengoptimalkan pemanfaatkan potensi-potensi desa yang dapat menunjang perekonomian masyarakat, dengan adanya lembaga ini akan memotivasi warga desa untuk lebih terlibat langsung mengembangkan usaha-usaha pertanian, peternakan maupun keterampilan lainnya sehingga masyarakat dapat membangun desanya tanpa berbondong-bondong ke daerah perkotaan karena di desa kurang memberikan peluang pekerjaan yang lebih baik dibanding daerah kota. Hal inilah yang menjadi tugas bagi pengurus BUMDes untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat desa. Desa Lampanairi merupakan salah satu desa yang mempunyai banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal seperti kondisi lahan pertanian masih banyak yang kosong dan dibiarkan tanpa digarap oleh pemiliknya, peternakan yang dikelola oleh masyarakat desa belum banyak berproduksi untuk dijual ke pasar-pasar lokal, daerah maupun di luar daerah, potensi keindahan pantai di sepanjang pesisir desa masih sepi pengunjung, kegiatan budaya desa hanya dijadikan rutinitas tanpa dikemas secara aktraktif untuk menarik minat para wisatawan, banyaknya para pemuda yang memilih berangkat merantau ke daerah lain daripada bertahan di desanya karena kurangnya potensi desa yang bisa dimanfaatkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-15
How to Cite
Hasirun, D. (2020). OPTIMALISASI OPTIMALISASI BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMANFAATKAN POTENSI DESA (Studi Pada Desa Lampanairi Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan). Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 7 - 22. https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i1.485
Section
Articles