ANALISIS PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NO.96 TAHUN 2012 TENTANG PELAYAAN PUBLIK DI PEMERINTAHAN KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON SULAWESI TENGGARA (STUDI PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPANYA)

JUNAID GAZALIN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Untuk mengetahui Penerapan Peraturan
Pemerintah No.96 Tahun 2012 Tentang Pelayaan Publik di Pemerintahan Kecamatan
Pasarwajo. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan
Peraturan Pemerintah No.96 Tahun 2012 Tentang Pelayaan Publik di Pemerintahan
Kecamatan Pasarwajo.
Penelitian menjelaskan bahwa proses serta kualitas pelayanan publik, dalam hal ini
pengurusan pengantar admnistrasi, KK, Akta Jual Beli Tanah, Akte Lahir, IMB dan SIU
bagi warga masyarakat di Kantor Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton sebelum
diterapkan PP 96 Tahun 2012, pada umumnya kurang memuaskan dan masih perlu
untuk ditingkatkan. Setelah peraturan tersebut diterapkan dengan menata kembali
sistem pelayanan sesuai dengan standar operasional pelayanan publik, maka proses
dan mekanisme pelayanan publik bagi warga masyarakat setempat telah berjalan
lancar. kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik. Terutama mengenai kemudahan
pelayanan, kecepatan waktu pelayanan, keramah-tamahan aparat, transparansi biaya,
tingkat produktivitas pelayanan, efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. Hal ini
dicapai karena camat membenahi persyaratan berkas yang disiapkan, kejelasan
informasi prosedur, mekanisme dan alur yang harus dilalui, tranparansi biaya dan
waktu pengurusan. Penyelesaian pelayanan publik yang cepat seringkali beriringan
dengan beban biaya pelayanan, untuk itu proses ini perlu dirubah pelan-pelan melalui
pembiasaan oleh aparat untuk bekerja profesional.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, 1996. Prosedur

Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Almasdi & Yusuf Suid. 1996. Aspek Sikap

Mental Dalam Manajemen Sumber

Daya Manusia. Jakarta: Ghalia

Indonesia

Budiman, Said. 1999. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Yogyakarta: Andi

Offset.

Dayan, Anto. 1989. Pengantar Statistik.

Jakarta: LP3ES.

Gaspersz, Wtson. 1997. Manajemen Sumber

Daya Manusia, Pengertian dan

Masalah. Jakarta: Sapdodadi.

Gerson, Hotman. 2002. Manajemen

Kepegawaian Indonesia. Jakarta:

Gunung Agung

Julianta, Hadari. 2000. Metode Penelitian

Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press,

Kasmir, Muhammad. 2005. Ilmu

Pemerintahan Baru. Jakarta: PT. Asdi

Mahasatya.

Kurniawan, 2005. Konsepsi Tentang

Pemeberdayaan Aparatur di Daerah,

Bandung: Tarsito.

Mohammad, 2003. Kepemimpinan

Pemerintahan di Indonesia. Jakarta:

Bina Aksara

Ruky, Warokka. 2001. Manajemen Sumber

Daya Manusia (Pendekatan Service

Public), Jakarta: Bumi Aksara

Sinambela, Hardi, 2006. Beberapa Aspek

Kepemimpinan dan Pengawasan

dalam Pelayanan Masyarakat, Jakarta:

Bumi Aksara.

Sugiono, 2010. Metodologi Penelitian

Administrasi. Bandung : Alfabeta

Tarkim, Salman. 2005. Manajemen Sumber

Daya Manusia. Bandung : Bumi

Aksara

Tjiptono, Suhardi. 1996. Administrasi dan

Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta:

Bumi Aksara

Warella, Ramire. 1997. Administrasi

Publik, Teori dan Aplikasinya.

Bandung: Rafika Aditama.

Widodo, 2001. Adminidtrasi Publik dan

Implementasinya. Bandung: Rafika

Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.