Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas (Tututp Botol) Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Baubau”

  • Siti Misra susanti Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: keaksaraan, media tutup botol, anak usia dini 5-6tahun

Abstract

Tujuan dari penggunaan media tutup botol untuk mengenalkan keaksaaraan awal anak. Penelitian yang akan digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Berdasarkan definisi di atas penelitian tindakan kelas di lakukan mulai dari merencanakan penelitian kegiatan, memantau, mencatat, mengumpulkan data, menganalisis data serta melaporkan hasil penelitian. Penelitian tindakan kelas ini salah satu upaya dilakukan untuk meningkatkan Keaksaraan awal anak melalui media Tutup Botol. Adapau hasil penelitian yaitu pra tindakan persentase perkembangan keaksaraan anak 45% sedangkan pada siklus I persentase 65% dan siklus II 90% persentase perkembangan keaksaaraan awal anak dengan media tutup botol.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-24
How to Cite
susanti, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas (Tututp Botol) Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Baubau”. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 30-33. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/view/734
Section
Articles