MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AISYIYAH BAUABAU

Authors

  • Rachman Saleh Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v1i1.732

Keywords:

Kreativitas, mencap dengan jari, Anak RA Aisyiyah Baubau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mecap dengan jari pada anak kelompok B di Ra Aisyiyah Baubau. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B Ra Aisyiyah Baubau. Obyek dari penelitian ini berupa kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mecap dengan jari Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah desain oleh Kemmis dan Mc Taggart  yang dilaksanakan dalam duasiklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aspek fluency dan originality serta wawancara untuk mengetahui flexibility dan elaboration. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mecap dengan jari yang dilakukan dengan 3 cara yaitu: mewarnai pola bintang, mewarnai pola awan, mencap diatas kertas HVS ditandai dengan 4 aspek kreativitas meliputi: (1) Fluency (kelancaran), (2) Flexibility(keluwesan), (3) Originality (keaslian), (4) Elaboration (elaborasi).Hasilpeningkatan 4 aspek kreativitas tersebut pada anak kelompok B Ra Aisyiyah Baubau ditunjukkan oleh pencapaian skor kategori kreativitas tinggi adalah sebagai berikut: Sebelum tindakan skor kategori tinggi mencapai 20%, pada tindakan siklus I mencapai 60%, dan pada tindakan siklus II mencapai 92, 5%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Saleh, R. (2020). MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AISYIYAH BAUABAU. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35326/jla.v1i1.732