Meningkatkan Kreativitas Menulis Melalui Media Glass Colour Magic pada Anak Kelompok A TK Swasta Tunas Wonco Kota Baubau

Authors

  • Karim Karim Institut Agama Islam Negeri Kendari

DOI:

https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.3156

Keywords:

Kreativitas Anak, Menulis, Media Pembelajaran, Glass Colour Magic

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kreatifitas menulis melalui media glass colour majic di Kelompok A TK Swasta Tunas Wonco Kota Baubau. Subjek pada penelitian ini adalah 11 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi dan dokumentasi, dengan jenis PTK. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kreativitas menulis melalui media glass colour majic. Hasil penelitian dari hasil observasi sebelum tindakan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 48,29% dimana masih berada pada Kategori 2 atau kriteria MB (Masih Berkembang) hampir semua anak belum memiliki kreatifitas menulis yang baik,  sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 64,77%, yang memiliki Kategori 3 atau kriteria BSH (Berkembang Sesuai harapan), dan pada siklus II mengalami perkembangan yang cukup besar yaitu sebesar 88,63% yang masuk kategori 4 atau kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Disimpulkan bahwa peningkatan kreativitas menulis dapat ditingkatkan melalui penggunaan media glass colour majic.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Karim, K. (2022). Meningkatkan Kreativitas Menulis Melalui Media Glass Colour Magic pada Anak Kelompok A TK Swasta Tunas Wonco Kota Baubau. Jurnal Lentera Anak, 3(2), 44–55. https://doi.org/10.35326/jla.v3i2.3156