PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bukhari Bukhari SD Negeri 1 Soloy Agung
  • La Roy SD Negeri 1 Soloy Agung

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Paragraf Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanImenulis siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia paragraf deskripsi melalui pendekatan pembelajaran holistik siswa kelas V SD Negeri 1 Soloy Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri 6 tahap yaitu Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Soloy Agung yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menujukkan terjadi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa, yakni hasil tes siklus I ada 8 (61%) 5 (39%). Keterampilan menulis paragraph deskripis siswa siklus II 11 (84%) dan 2 (16%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran holistik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dari siklus I dan siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Bukhari, B., & Roy, L. (2020). PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(2), 92–99. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/4691

Issue

Section

Articles