UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Musrida Musrida SD Negeri 1 Lapero
  • Wa Ode Sitti Sarsiah SD Negeri 1 Lapero

Keywords:

Upaya Guru, Minat Baca, siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan efektivitas inisiatif instruktur untuk meningkatkan minat baca siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negara SD Negeri 1 Lapero terhadap membaca. Di Sekolah Negeri SD Negeri 1 Lapero, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif dan metodologi deskriptif. Guru kelas dua digunakan sebagai peserta penelitian, dan ada 25 total individu, 15 di antaranya adalah perempuan dan 10 laki-laki. metode pengumpulan data umum wawancara, observasi dan menulis. Berdasarkan analisis data yang dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, upaya guru untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca dibagi menjadi dua kategori: peningkatan minat murid dalam membaca selama pelajaran, dan meningkatkan minati mereka dalam membaca di luar pelajaran. Guru mencoba untuk mendorong anak-anak untuk membaca di kelas dengan menawarkan ganjaran untuk menceritakan cerita, menetapkan tugas membaca di rumah, berbagi buku dengan teman-teman, dan mendorong membaca sebelum pelajaran bahkan dimulai. Dengan meminjamkan buku-buku yang ingin dibaca anak-anak, memberikan hadiah di jam-jam pasca-sekolah, dan mendorong siswa untuk membaca di luar sekolah. Dalam upaya untuk mendorong pembelajaran, guru sering mengundang siswa untuk membaca sebelum kelas dan ketika mereka tiba di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Musrida, M., & Sarsiah, W. O. S. (2020). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 4(2), 86–91. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/4690

Issue

Section

Articles