MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, IPSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas IV SD Negeri 1 Kotawo. Manfaat penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diharapkan siswa dapat merubah pandangannya terhadap mata pelajaran IPS yang memiliki kesan tidak menarik serta membosankan sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat terutama setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Selain itu guru diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS terutama disekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan tindakan siklus I dan siklus II dilakukan tindakan prasiklus dengan memperoleh nilai rata-rata siswa 64,2 dengan ketutasan belajar 40% (10 siswa) dan 60% (15 siswa) belum tuntas belajar. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,4 dengan ketuntasan belajar 64% (16 siswa) dan 36% (9 siswa) belum tuntas belajar. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 87,8 dengan ketuntasan belajar 88% (22 siswa) dan 12% (3 siswa) yang belum tuntas belajar. Penelitian ini berhasil, sehingga peneliti tidak melanjutkan siklus berikutnya dan dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kotawo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 La Ode Muh. Rizal, La Ode Burhanudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.