PENGGUNAAN MEDIA POP UP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Gamping dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Soloy Agung yang berjumlah 17 siswa, dengan 10 siswa laki - laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melaui media pop up di kelas IV SD Negeri 1 Soloy Agung khususnya pada pembelajaran IPS materi keragaman suku dan budaya di Indonesia. Pada pra siklus jumlah siswa dengan klasifikasi hasil belajar skor tinggi hanya 60%. Lalu pada siklus I hasil belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan meningkat menjadi 73%, sedangkan hasil akhir siklus II hasil belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan telah mencapai 100%, sehingga pada siklus II motivasi kelas sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ≥75% jumlah siswa mencapai skor kuesioner dengan klasifikasi tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zubaidah Zubaidah, Yayuk Ekowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.