PESISIR PANTAI LAKORAPU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAMI BAGI ANAK USIA DINI

Authors

  • Asma Kurniati Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Pantai Lakorapu, media pembelajaran alami, anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesisir Pantai Lakorapu sebagai media pembelajaran  alami pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.   Teknik analisis data yang dilakukan yaitu  reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) benda-benda yang dapat dijadikan media pembelajaran alami  di pantai Lakorapu  yaitu: pasir putih, kerang-kerangan, air laut, tangga di dinding tebing, tanaman-tanaman, hewan-hewan pesisir dan perahu; (2) Kegiatan-kegiatan pembelajaran  yang dapat dilakukan di pantai Lakorapu yaitu: menulis di pasir, matahari penunjuk waktu,  meronce manik-manik dari kerang-kerangan, membuat hiasan dari kerang, bermain ombak, olahraga, koleksi dan grafik daun-daunan, zat warna daun dan bunga, mengamati hewan-hewan kecil dan perahu sebagai transportasi laut: (3) Keterampilan-keterampilan yang dikembangkan bagi anak usia dini yaitu: ketrampilan penggunaan jari-jemari (motorik halus), permulaan pengenalan huruf, keterampilan melakukan pengamatan  dan eksperimen, mengenal waktu, koordinasi mata dan tangan, berpikir imajinatif, menyortir dan mengklasifikasi, mengetahui persamaan dan perbedaan, melakukan pengamatan,  membuat perkiraan, dan  menghitung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-29

Issue

Section

Articles